Monday, April 28, 2008

Pasang Adsense Privacy Policy Sebelum Mei!

Saya yakin sudah banyak dari Anda yang mengetahui perihal TOS terbaru mengenai pemasangan Privacy Policy pada blog Anda yang dipasangi atau menggunakan account Google Adsense. Namun bagi Anda yang belum tahu dan belum memasang Privacy Policy ini, akan saya bantu dengan menjelaskannya sedikit di sini. Privacy Policy adalah TOS (Term of Services) terbaru di Google yang "menyuruh" para pengguna Adsense untuk membuat dan memasang PP pada blog atau situs mereka. Untuk lebih detilnya apa saja yang harus dijelaskan pada Privacy Policy tersebut, Anda dapat melihatnya di blog lain, misalnya di sini. Jika belum melaksanakan hal ini sebelum Mei, maka hampir dapat dipastikan bahwa di bulan Mei yang tinggal sebentar lagi ini, account Adsense Anda akan ditalak 3 oleh Google. Repotnya, pihak Google sama sekali tidak atau belum memberikan format universal atau form-generator untuk pembuatan Adsense Privacy Policy ini.

Namun jangan khawatir, Anda dapat membuat Privacy Policy dengan mudah memanfaatkan fasilitas Adsense Privacy Policy Generator yang dibuat oleh situs-situs seperti Serprank. Anda juga dapat menggunakan format Privacy Policy seperti yang saya gunakan di sini, namun pastikan untuk mengubah goldandgirl@gmail.com dengan nama email Anda yang bisa dihubungi Google dan edorado.blogspot.com dengan nama blog/domain Anda sendiri. Kemudian, copy-paste Privacy Policy tadi pada sebuah postingan baru, beri saja judul "Adsense Privacy Policy." Sebenarnya bila di luar negeri, pemasangan PP ini sudah menjadi inisiatif sang blog author bahkan sebelum di-warn oleh Google seperti sekarang, yah... memang bangsa kita agak lambat dalam hal inisiatif T_T. Namun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Saran saya: pasang sekarang sebelum terlambat!

TIPS!TIPS FOR YOU!
Mengingat bahwa TOS Google Adsense terbaru ini belum dilaksanakan (karena memang belum waktunya), maka penulis tidak tahu apakah tips ini akan "memperkuat" effect dari verifikasi bahwa situs Anda telah memiliki Privacy Policy untuk Google Adsense atau tidak. Namun, menurut saya, akan lebih bagus lagi bila Anda memasang tab menu bertuliskan "Privacy Policy" tersendiri seperti yang saya lakukan di situs eDorado. Setidaknya sampai "razia" ini dilakukan dan selesai nanti.

Selamat Mencoba,


Matthew Long

0 comments:

Related Posts: