Monday, April 28, 2008

10 Blogging & Online-Earning Etiquettes

Cukup sukar memang untuk menegakkan aturan dalam dunia maya, mengingat ini adalah dunia yang bisa disebut sebagai all-mighty-sphere, di mana segala macam opini, paradigma, dan tulisan macam apapun diperkenankan untuk masuk ke dalam internet. Hanya saja, Anda pasti selalu bisa menyadari bahwa kita - Anda dan saya - di manapun kita menginjakkan kaki (atau meng"injak"kan tulisan kita :D) adalah merupakan bagian dari sebuah community yang lebih besar, tidak terkecuali di dunia maya ini. Dan menjaga etika dalam beraktivitas di dunia maya sesungguhnya memang bukanlah hanya supaya kita tidak dibenci atau di-blacklist komunitas yang luar biasa besarnya ini, melainkan itu karena kita adalah makhluk hidup yang memiliki kecerdasan dan nurani yang baik untuk bertindak dengan benar atas pilihan kita sendiri. Karena itu, sebelum saya terlalu lama tampak seperti menguliahi Anda, mari kita simak 10 etika untuk blogging dan berburu dollar di internet yang dirangkum dari para blogger senior yang sudah sukses namun tetap mampu menjaga etika. Ini dia:

1. Tidak masalah untuk mengutip sebagian atau seluruh artikel dari seorang blog author lain (asal jangan terus-menerus), asalkan Anda tidak mengubah isinya SAMA SEKALI. Sebaiknya Anda juga menuliskan dari blog mana (atau siapa) Anda mengutip posting tersebut. Ini dilakukan untuk menghargai originality dari idea sang penulis aslinya. Anda juga tidak mau kan tahu-tahu artikel terbaik Anda tahu-tahu nyangsang di blog orang lain tanpa embel-embel bahwa artikel tersebut aslinya ditulis oleh Anda?

2. Jangan men-spam blog orang lain dengan invitation untuk mengunjungi blog kita hanya untuk mendapatkan backlink. Percayalah, ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para beginner blogger, termasuk saya dahulu sebelum membangun eDorado. Contohnya seperti ini:

Eh, cuma mau kasitahu, saya punya blog baru nih:
http://www.namabloganda.com
Kunjungi blog saya, ya!


Pada kenyataannya, cara-cara seperti ini seringkali dirasakan sangat mengganggu bagi pemilik blog yang kita spam tersebut. Keinginan untuk menarik perhatian dari para blogger lain saat blogwalking adalah hal yang sah-sah saja namun kita tetap harus mengetahui sopan-santunnya. Cara yang paling baik adalah memberikan comment yang sepantasnya dan sesuai dengan sang pemilik blog yang bersangkutan. "Lho, lalu bagaimana dengan promosi alamat URL-nya?" Hei...bukankah tiap blog host seperti Wordpress atau Blogger sekarang selalu menyediakan fasilitas untuk menuliskan alamat URL kita "di balik" nama kita setiap kali berkomentar? Pergunakan saja fasilitas seperti itu dengan sewajarnya! Jika comment Anda good and outstanding enough, saya yakin sang blog author bersangkutan juga akan mengunjungi blog Anda. Tidak perlu kita menuliskan alamat URL kita segala dengan terang-terangan.

3. Jika bisa, hindari menuliskan tulisan dengan content berbau apapun yang berhubungan dengan aktivitas seksual dan adult content yang menjurus ke arah "murahan" (bukan sex education). Sebagai pria normal, saya sama sekali tidak membenci hal-hal seperti itu. Hanya saja, menurut hemat saya kurang baik untuk menuliskan hal-hal seperti itu dalam sebuah blogging community karena:
* Hal itu kemungkinan besar membuat blog kita "laku" namun juga membuat blog kita menjadi murahan dan tidak memberikan manfaat edukatif

* Membuat blog kita dalam bahaya besar karena kemungkinan di-block juga menjadi semakin besar

* Membuat sasaran pasar blog kita menjadi berkurang akibat hanya rentang usia tertentu saja yang bisa membaca blog kita

* Sudah ada jutaan site lain membahas content yang sama, jadi untuk apa kita bersusah-susah payah untuk menulisnya?

4. Hindari penggunaan nama situs atau blog yang mirip-mirip dengan nama situs lain yang sudah populer. Contoh: setelah ada isnaini.com Anda membuat isnainii.com (hanya berbeda satu i). Hal ini mungkin saja dapat mendongkrak kesuksesan blog Anda namun tetap saja terkesan kurang sopan dan hanya menunjukkan kita sebagai seorang blog author yang lack of creativity.

5. Cegah diri Anda untuk menuliskan posting dalam blog yang berisikan sugesti atau persuasi maupun paradigma secara eksplisit maupun inplisit kepada para pembaca untuk melakukan tindakan kekerasan yang brutal, terrorism, disintegratif, immoral, dan sejenisnya. Remember, we're bloggers, not criminals.

6. Jangan melakukan fraudclicking jika Anda memasang Adsense pada blog/site Anda. Hal ini terutama juga jika Anda berada dalam satu lingkup IP Address yang awalannya beralamat sama (misalnya dalam satu kantor atau satu university) dan banyak dari lingkup Anda yang sudah memasang Adsense juga. Masalahnya, selain tidak etis, hal itu juga membuat kemungkinan pem-ban-an masal pada blog-blog di tempat Anda.

7. Jangan pula melakukan spam-clicking pada banner-banner PPC secara berlebihan, karena itu akan menguras dollar dari pundi-pundi publisher yang memasang iklannya di situs Anda.

8. Hindari melakukan pembajakan data, seperti: menggunakan alamat feed dari blog orang lain demi keuntungan diri sendiri.

9. Jika Anda berhasil membangun program affiliation sendiri atau menjual product Anda sendiri di internet, sangat saya sarankan untuk jangan sekali-sekali melakukan penipuan dalam bentuk apapun terhadap pembeli product Anda. Selain menghilangkan credibility dari pelanggan untuk Anda, kasus yang satu ini sudah pasti termasuk kegiatan kriminal berat dan pastinya hidung Anda akan mencium lantai penjara jika hidung para cyber-police berhasil mengendus keberadaan Anda.

10. Yang terakhir, sangat tidak saya sarankan untuk melakukan aktivitas hacking apapun baik berupa password hacking, defacing, carding pada blog/site tertentu JIKA ANDA TIDAK BISA MENGEMBALIKANNYA KE KEADAAN SEMULA setelah menancapkan "flag" Anda di blog/site tersebut. Meskipun kurang handal, saya juga sangat menyukai ilmu-ilmu mengenai hacking dan selalu yakin bahwa hacking is knowledge namun perusakan-tanpa-perbaikan pada situs orang lain adalah perbuatan kriminal rendahan, terutama jika yang di-hack sesungguhnya adalah blog yang innocent. Jika Anda memang hacker sejati, saya yakin sudah pasti Anda tidak hanya bisa merusak namun juga bisa memperbaikinya seperti semula, bukan? Viva white hacker!

Demikianlah 10 etika yang baik dalam dunia blogging dan online earning. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membantu Anda untuk semakin sukses dalam "lahan" yang menjanjikan ini.

Partner Anda,


Matthew Long

0 comments:

Related Posts: