Monday, April 28, 2008

What's So Great About Romance Hacking?

Halah, Romance Hack, apaan tuh? Sudah ada berbagai macam buku mengenai hacking. Dari mulai Hack SQL, Hack Friendster, Hack Blogger, Hack Windows, Hack Jaringan, Hack PhotoShop, bahkan Hack Password "Situs Biru" pun sudah ada. Saya kira sekarang sudah nggak ada lagi hal yang kelupaan untuk di-hack...ehhh ternyata masih ada lagi: Romance Hack. Apa'an lagi sih itu? Kurang kerjaan banget!

Saya dapat menebak, demikianlah first impression Anda saat pertama kali tiba di eDorado. Kebingungan, kecemasan, ketidaknyamanan, bahkan mungkin ketakutan. Ketakutan akan sesuatu yang nyeleneh dan baru. Ketakutan akan dikecewakan.

Dan tenang saja, saya di sini tidak untuk mengecewakan Anda. Akan saya jawab, mengapa saya memutuskan untuk menulis mengenai Romance, dan mengapa juga itu harus di-hack segala?

In the first place, I'm not someone who used to be an expert in web hacking. Namun, jika saya tidak salah, hack dalam gramatikal bahasa asli-nya dari negeri Uncle Sam, sesungguhnya berarti "mencangkul" atau "merimbas." Setelah itu, istilah itu menjadi trend sekarang, di mana hack berarti "melakukan interupsi terhadap sebuah system, baik sepotong code saja maupun keseluruhannya" dengan tujuan-tujuan tertentu, entah untuk mengambil keuntungan darinya maupun hanya sebagai piranti untuk memberikan kitik terhadap sistem yang bersangkutan (debugging/menemukan lubang-lubang sistem). Menjadi hacker bukan berarti menjadi seorang penjahat, karena para debugger dan web designer pun bisa disebut sebagai hacker (saya rasa, semua coder bisa dibilang sebagai hacker pula). Yang mungkin bisa dikategorikan sebagai para penjahat adalah crackers, yang meskipun begitu, jika tidak ada mereka kita mungkin terbenam dalam kesukaran panjang akibat mahalnya harga lisensi original software =)

Namun, bukan hal itu yang akan saya bahas di sini, mengingat mungkin Anda sudah lelah dengan segala tetek-bengek coding itu. Di sini, saya hanya akan menggunakan sepotong kalimat saya di paragraph di atas tadi. Bahwa sebuah aktivitas bisa dikatakan "hack" jika itu dilakukan atas sebuah system. Dan jika kita melirik kembali, dengan mengumandangkan label "Romance Hack" berarti secara langsung saya sudah menyatakan bahwa romance adalah sebuah sistem.

Dan itu memang benar. Yes, indeed. Romance adalah sebuah system. Salah satu dari biggest system in this whole earth.

Mungkin Anda akan berkata: "Eh, Matthew! Romance itu bukan sebuah system. Mana mungkin kita bisa menyatakan sesuatu yang sifatnya random dan unpredictable sebagai sebuah system?"

Woo hoo... wait a second, Bung. Bagaimana jika saya katakan bahwa meski kelihatannya begitu, romance itu ternyata VERY predictable dan sifatnya VERY steady? Romance is indeed a system, bahkan bisa dibilang romance adalah sebuah game. The biggest game.

Jika romance memang bukanlah sebuah game atau system, mengapa ada yang menang (diterima oleh cewek cantik, mendapatkan cewek cantik,dsb) dan ada yang kalah (ditolak, dihina, diputuskan) dalam game ini? Jika romance memang sifatnya sangat random, lalu mengapa jika kita melakukan cara yang sama, hasilnya selalu sama dan selalu mudah ditebak?

Ya, itu dia. Romance adalah sebuah system. Sebuah game system. Saya yakin banyak dari para pembaca eDorado yang adalah gamer. Tentu Anda tahu, bahwa jika kita sudah kesal dengan sebuah game karena kalah terus-menerus, seringkali kita mencari yang namanya cheat . Entah itu berupa Action Replay, Gameshark, In-Game Cheat, debugger dan sebagainya. Intinya, agar Anda bisa memastikan diri Anda PASTI menang dalam game tersebut. Setelah menggunakan cheat, tidak mungkin kan Anda berpikir bisa kalah? Saat menggunakan cheat tersebut, Anda sudah yakin bahwa Anda akan menang. Anda TAHU bahwa Anda akan menang, dan Anda MEMANG menang.

Kemudian, halalkah penggunaan cheat tersebut? Tentu saja halal, mengingat bahwa banyak sekali cheat yang memang sudah disediakan oleh game developer yang bersangkutan. Esensinya, sesungguhnya dengan menggunakan cheat code tersebut Anda tidak akan mengalami kekalahan. Kemudian, cheat tersebut sesungguhnya sudah banyak tersedia dalam game yang bersangkutan. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahuinya jika tidak mencari-cari di internet atau membeli magazine khusus yang membahas itu, misalnya. Tentu saja kebanyakan orang akan bermain normal dan tentunya... kalah, seperti Anda dulu sebelum mengetahui cheat code tersebut.

Hal yang sama dibahas oleh eDorado terhadap dunia romansa Anda. Meskipun ini bukan kode curang (cheat code) - yeah, meski itu hak Anda untuk memutuskan cara-cara yang dibahas di sini curang atau tidak - namun, konsepnya sama. Di eDorado Anda akan mempelajari bagaimana cara-cara untuk menang dalam dunia romance dan mendapatkan cewek yang Anda mau. Dan cara-cara ini sebenarnya bukan cara yang aneh atau tidak lumrah karena sebenarnya sudah tersedia dalam dunia romance itu sendiri, namun Anda belum mengetahuinya sampai Anda tiba di eDorado.

Dan meskipun yang dimuat dalam eDorado adalah termasuk paradigma dan strategi ready-to-use, namun tetap saja bukanlah sebuah hal yang mudah. Anda tetap harus tahu aturan mainnya: bagaimana cara menggunakannya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ibarat cheat code, Anda harus tahu bagaimana cara menginstall dan menginputkan code tersebut dalam game Anda. Contohnya, Anda harus tahu gameshark code mana untuk Infinite HP dan GS code mana untuk High Jump. Ada juga GS yang harus dimasukkan satu-persatu dan jika ditumpuk akan mengakibatkan game menjadi crash, misalnya.

Oleh karena itu, antusias-lah! Tinggalkan lubang-bawah-tanah yang pengap dan dingin tersebut, dan bersiaplah untuk berangkat!

Berangkat ke eDorado... tempat di mana kamu akan mendapatkan the most precious treasure, dan memulai hidup baru sebagai seseorang yang mempunyai pengetahuan dalam bagaimana mendapatkan uang dan gadis impianmu.

Saya menunggu Anda di sini. Di eDorado. Meskipun saya tidak bisa menunggu selamanya. Dan saya yakin, kehidupan Anda yang biasa-biasa saja juga tidak akan sabar menunggu dan haus akan perubahan. Saya di sini, mendengarnya, jeritan jiwa Anda...

Partner Anda,


Matthew Long

0 comments:

Related Posts: