Monday, April 28, 2008

7 Langkah Mudah Memasang Recent Posts di Blogger

Recent Posts adalah pernak-pernik blog yang biasanya dipasang pemilik blog untuk menunjukkan artikel apa saja yang baru ditulis dan muncul pada blog yang bersangkutan. Sekarang ini memang sudah banyak disediakan Javascript khusus untuk membuat fasilitas Recent Posts. Namun, jika Anda tidak mau repot-repot, Anda bisa menggunakan URL Feed Anda untuk membuat fasilitas ini dengan sangat mudah di platform Blogger. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1)Masuk ke pilihan Layout > Add Page Elements

2)Pilih Add A Page Element, biasanya pada section sidebar Anda

3)Pilih "Feed"

4)Pada Feed URL, masukkan alamat feed Anda. Contoh untuk eDorado:
-http://edorado.blogspot.com/atom.xml

atau

-http://edorado.blogspot.com/feeds/posts/default

atau jika sudah menggunakan Feedburner

-http://feeds.feedburner.com/eDorado

Pastikan untuk mengganti "eDorado" dengan nama blog/domain Anda sendiri

5)Beri judul pada elemen halaman tersebut, misalnya "Recent Posts"

6)Setelah itu, Anda bisa mengatur elemen dari Recent Posts yang akan ditampilkan, seperti jumlah maksimum Recent Posts yang harus dimunculkan pada halaman blog Anda, lalu apakah Anda mau menampilkan juga nama Anda sebagai author dari Post tersebut, dan juga tanggal serta timestamp dari post tersebut.

7)Jika sudah selesai, click pada Save Page Element. Recent Posts sudah terpasang pada blog Anda. Namun, harap diingat bahwa Recent Posts dipengaruhi oleh Feed Anda, dan Anda tahu bahwa Feed bukan merupakan sesuatu yang real-time (setelah diposting kemudian langsung muncul di feed). Jadi jika belum muncul, bersabarlah untuk menunggu.

TIPS!TIPS FOR YOU!
1)Cara ini akan menghasilkan default Recent Posts yang disesuaikan dengan CSS Style dari template blog Anda. Jika Anda ingin membuat yang lebih "indah", Anda harus membuatnya menggunakan Javascript dan CSS.

2)Untuk Recent Posts, sebaiknya Anda tidak usah menampilkan item Post Author karena ujung-ujungnya toh hanya Anda seorang yang merupakan author dari blog Anda, lain halnya jika blog Anda dimiliki 2 orang atau lebih. Sedangkan untuk Recent Comments, baru item tersebut ditampilkan. Untuk mengetahui cara membuat Recent Comments, Anda dapat melihatnya di sini.

Selamat Mencoba,


Matthew Long

0 comments:

Related Posts: