Wednesday, April 30, 2008

It's Cheering Time!

Cheer atau bersulang, adalah istilah terkenal bagi para penggemar wine (atau minuman lain) di mana kita mendentingkan cup / goblet untuk wine kita pada cup /goblet milik orang lain.

Cheering biasa dilakukan untuk menghormati host sebagai penyelenggara party atau untuk menghormati (dan mengiyakan) sebuah sake atau purpose tertentu. Hal yang satu ini memang kedengarannya remeh, namun dalam beberapa parties rupanya sangat penting untuk mengetahui dan melaksanakan tata cara cheering yang baik dan benar. Dan tata cara itu akan saya bahas sedikit di sini.

Dari posisi melakukannya, cheer dibedakan menjadi not-standing / sitting cheer dan standing cheer. Sitting cheer biasa dilakukan pada keadaan-keadaan yang kurang formal, misalnya untuk celebrating kelulusan Anda dan para cliques dari sebuah SMA. Pada sitting cheer, biasanya gelas yang digunakan adalah gelas beer atau gelas biasa. Sedangkan standing cheer dilakukan melalui 2 cara: direct cheer atau indirect cheer. Biasanya standing cheer diberlakukan pada pesta-pesta yang sifatnya lebih formal, contohnya wedding party.

Standing direct cheer berarti melakukan cheer dalam keadaan berdiri secara langsung (dengan mendentingkan gelas). Standing direct cheer hanya bisa dilakukan pada meja-meja yang berukuran kecil dan sedang, mengingat keterbatasan jarak jangkau tangan manusia.

Yang biasa dilakukan pada grand table (meja yang besar) adalah indirect standing cheer. Untuk yang satu ini, kita harus menunggu prelude (kata-kata pembukaan) dari host yang bersangkutan. Dan saat dia berdiri dan mengatakan "cheers" atau "for the sake of...", barulah kita berdiri, mengangkat cup wine kita setinggi dagu, dan mengucapkan "cheers" atau "for the sake of...", mengikuti sang host. Kemudian, kita minum wine yang disediakan seteguk saja, dan kembali duduk. Demikianlah indirect standing cheer dilakukan.

Sebenarnya ada satu lagi jenis cheering, yakni one-to-one atau pair cheering. Ini adalah cheering yang dilakukan oleh dua orang saja. Pair cheering biasanya dilakukan pada acara-acara seperti kencan, dinner berdua, atau bersama sahabat Anda. Pair cheering dilakukan pada posisi duduk, dan setelah pengucapan prelude, kedua cup diangkat sedikit sama tinggi dan didentingkan pelan HANYA pada bagian atas cup. Berikutnya, wine boleh diminum sampai habis, berbeda pada indirect standing cheer.

Harap diingat bahwa cheering hanya bisa dilakukan pada cup /goblet (piala), normal glass, dan beer glass. Untuk beer can (kaleng bir) dan mug, cheering masih boleh dilakukan. cheering sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan jika kita menggunakan sloki, bottles, atau wadah minum kita berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Dan yang terakhir, sebaiknya kita juga melihat jenis minumannya: cheering aman dilakukan untuk wine, cocktail, champagne, dan minuman berakohol atau berkarbonasi (soda) yang SUDAH DITUANG ke dalam cup atau sebuah wadah. Tidak disarankan untuk cheering jika minuman yang disantap adalah milk, juice, dan juga air bening biasa. Demikian sedikit pengetahuan mengenai cheering dari saya. Semoga dapat membuat party Anda bersama kolega makin meriah.

Let's cheer for the beer,


Matthew Long

0 comments:

Related Posts: